Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Berkah Membasuh Pertiwi

“Dan yang menurunkan air dari langit menurut ukuran (yang diperlukan), lalu dengan air itu Kami hidupkan negeri yang mati (tandus). Seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur).” (QS. Az-Zukhruf : 11)

Berakhirnya musim kemarau dapat kita lihat dari intensitas turunnya hujan di bumi ini. Mulai dari pagi, siang, sore bahkan sepanjang hari akan turun hujan. Hal ini menjadikan meluapnya air yang ada di bumi ini sehingga dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Selengkapnya: Berkah Membasuh Pertiwi

BUKAN SEKEDAR PERAYAAN

Sebenarnya Perayaan tahun baru Islam 1443 H bukanlah hanya sekedar pergantian waktu semata tanpa ada pelajaran, makna atau hikmah yang bisa diambil. Dari satu tahun yang sudah dilalui, tentunya umat Muslim melewati berbagai peristiwa dan pengamalan dalam kehidupannya.

Selengkapnya: BUKAN SEKEDAR PERAYAAN

Para Saksi Allah di Muka Bumi

Akhir-akhir ini berita dukacita memenuhi laman media sosial, televisi, dan media cetak. Pengumuman lewat pengeras suara di masjid atau mushala sering kali menyita perhatian. Suara sirine ambulans menuju ke pemakaman pun bersahut-sahutan.

 Semua yang bernyawa pasti akan merasakan kematian (QS Ali Imran [3]: 185). Kematian tidak selalu datang karena sebab, seperti sakit atau kecelakaan. Namun, ia terjadi di saat ajal tiba mengakhiri kehidupan (QS al-Munafiquun [63]: 11).

Selengkapnya: Para Saksi Allah di Muka Bumi

Nikmat yang Tak Terlihat

Sering kali kita bersyukur kepada Allah SWT. disaat mendapatkan rezeki yang banyak, naik jabatan, bisa membeli rumah atau kendaraan, dan kebahagiaan fisik lainnya. Itu tidak salah, justru harus demikian karena bersyukur merupakan perintah Allah SWT dan dicontohkan Rasulullah SAW.

Selengkapnya: Nikmat yang Tak Terlihat

Ayah, Ibu! Ijinkanku Mengambil Kunci Surga-Nya

Dulu sewaktu kita masih kecil, semua kebutuhan kita dipenuhi dan dibantu orang tua kita. Ketika beranjak besar, kita mencari nafkah dan memiliki keluarga sendiri. Tidak semua anak tinggal di rumah yang sama hingga berkeluarga. Ada pula yang tinggal di kota lain, bahkan ada yang tinggal di negara yang berbeda dengan orang tuanya. Jarak dan waktu yang kian sulit terbagi antara diri sendiri dan orang tua. Hingga kita lupa, bahwa ada Surga di rumah kita. Merawat orang tua menjadi salah satu kunci surga seorang anak yang berbakti.

Selengkapnya: Ayah, Ibu! Ijinkanku Mengambil Kunci Surga-Nya

MENGHADAPI RASA TAKUT

Kita manusia memiliki masalah dengan rasa takut. Rasa takut ada dalam diri semua orang.  Rasa takut bisa muncul dalam bermacam bentuk, sehinga membatasi dan mencegah manusia untuk  melakukan aktivitas. Apalagi di masa pandemi yang penuh dengan ketidakpastian, maka banyak diantara kita semakin cemas dan takut. Hampir setiap hari, grup whatshap disuguhi berita duka saudara-saudara kita. Kalimat istirjaInnalillahi wainnailai raji’un” semakin memenuhi ponsel kita.

Selengkapnya: MENGHADAPI RASA TAKUT

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239