Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Keutamaan Melakukan Shalat Tepat Waktu

Sholat merupakan tiang agama . Dan agama tidak akan berdiri degan tegak tanpa dilaksanakannya shalat yang sesuai dengan perintah Allah SWT , hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT : 

“ Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka . “     ( al – Furqan : 64 )

 

            Hakikat dari pelaksanaan shalat adalah menghadap kepada Allah SWT dengan khusyu dan merasa butuh untuk menghadap kepada – Nya . Seseorang yang melakukan shalat tanpa tujuan , berarti shalatnya itu tidak benar , bahkan dia menghancurkan shalat itu sendiri karena ia menghilangkan ruh atau hakikat dari shalat itu .

            Shalat bukan hanya sekedar gerakan seseorang ketika berdiri , ruku , sujud , atau bacaan – bacaan yang diucapkan , tetapi hakikat dari shalat yaitu bila seseorang mampu menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar yang dapat merusak ajaran agama islam .

            Shalat merupakan ibadah yang akan mendekatkan seseorang kepada Tuhannya , sebab ketaatanya kepada Allah semakin bertambah . Kedekatan seorang hamba terhadap Tuhannnya itu berbeda – beda . Jika orang yang shalat benar – benar menghadap kepada Allah SWT dan khusyu maka ia akan sangat dekat dengan Tuhannya . Sebaliknya jika ia berpaling dalam shalatnya atau tidak khusyu maka ia semakin jauh dari Allah . Selain itu , bagi orang yang berpaling selain Allah ketika shalat berarti ia telah memutuskan hubungan dirinya dengan Allah SWT . Oleh karena itu , untuk kembali lebih dekat kepada Allah , hendaknya ia harus memperbaiki kekhusyu’annya dalam shalat . Sesungguhnya khusyu dan menghadap kepada Allah SWT dalam shalat dapat menolong seseorang menyelesaikan masalah – masalah dalam kehidupannya .

Sholat pada awal waktu merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT  kepada hamba-Nya. Ia menjadi perantara seseorang untuk memperoleh kebahagianya, dan rasa nyaman setelah ia Lelah dan sibuk dengan urusan dunianya. Kemudian ia bermunajat  kepada Allah sehingga memperoleh solusi dalam memecahkan kesulitan-kesulitan pada dirinya, kemudian ia menampakan rasa takut dan kelalaiannya dihadapan keagungan Allah SWT. Karena lalai dalam sholat merupakan tanda tertolaknya amalan seseorang.

            Ketika seorang muslim mendengarkan suara adzan maka seakan-akan hatinya hadir ditengah gemuruhnya panggilan pada hari kiamat. Sehingga batin dan zahirnya segera memenuhi panggilan tersebut dan meninggalkan dunia serta kemewahannya. Karena ketika ia mendengarkan kalimat اَللّهُ اَكْبَرُ ia beriman bahwa Allah Maha Besar dibandingkan dari dunia dan seisinya dan Allah Maha Besar dari segala sesuatu yang dimilikinya. Karenanya ia sering meninggalkan pekerjaanya dan cepat-cepat melaksanakan panggilan Allah.

Sesungguhnya orang-orang yang memenuhi panggilan Allah dengan melakukan sholat, maka kelak pada hari kiamat termasuk orang-orang yang dipangggil dengan cara halus.

Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang pentingnya waktu sholat firman Allah SWT :

                 “ Sesungguhnya sholat bagi orang-orang mukmin itu merupakan ketetapan yang sudah ditentukan waktunya bagi mereka. ” ( QS.an-Nisa’ : 103 )

            Salah satu keutamaan sholat yaitu mendapatkan tempat disurga,Kecintaan Allah kepada hamba-Nya yang sering melakukan sholat tepat waktu juga terbukti dengan janjinya yaitu mendapatkan ganjaran berupa surga .

Diriwayatkyan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy  mengabarkan kepadanya bahwa rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :” Allah Ta’ala berfirman : Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu sholat lima waktu , dan aku berjanji bahwa baragsiapa yang menjaga watu – waktunya pasti aku akan memasukkannya ke dalam surga , dan barang siapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan “ .

Kebahagian berupa keindahan surge yang abadi di akhirat kelak . Telah disiapkan oleh Allah bagi hamba – hambanya yang santiasa mengingat Allah dengan menyegerakan shalat diawal waktu . Sekali lagi Allah tidak akan pernah mengingkari janji kepada hamba – hambanya , maka dari itu menyegerakan shalat pada awal waktu adalah salah satu cara bagi kita sebagai hambanya untuk mendapatkan balasan surga .

Jadi mereka tidak kehilangan waktu shalat karena malas, tidak menyia-yiakan waktu shalat dan tidak melalaikan waktu shalat. Tetapi mereka melaksanakan sholat tepat pada waktunya , melaksanakan kewajiban dan sunnah dalam shalat dengan sempurna yaitu sesuai dengan syarat dan rukun dalam sholat .

            Sholat merupakan bentuk komunikasi antara hamba dengan Tuhannya . Oleh karena itu siapa yang tidak mau memelihara shalatnya , berarti ia tidak bisa diharapkan untuk memelihara hubungan yang hakiki antara dirinya dengan sesama manusia .

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239