Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

KESEHATAN JIWA DI SAAT PANDEMI

Hubungan antara sehat mental (fikiran)  dan sehat fisik sangat erat, dalam ilmu kedokteran ada  istilah psikosomatik,  sebuah cabang medis interdisipliner yang mengeksplorasi tentang hubungan sosial, psikologis, dan faktor kebiasaann fisik serta kualitas hidup antara manusia dan hewan  yang mana sebelumnya disebut dengan  Consulation Liaison Psychiatry, suatu cabang ilmu psikiatri yang bekerja sama dengan sejawat spesialisasi lain untuk merawat pasien medis yang mengalami gangguan kesehatan jiwa (wikipedia),

 

Seseorang kadang merasa sedih teramat sangat sehingga membikin dada sesak, Pusing karena tekanan kerja, atau sakit perut karena gugup, yang paling sering mungkin patah hati, membuat orang pusing, sesak di dada, dan demam. seseorang dengan sakit pikiran sering mendapat penanganan kurang tepat sehingga diberi obat-obatan pereda nyeri jangka pendek. Memperhatikan agar jiwa tetap senang, nyaman, bahagia, enjoy dengan hidup adalah sesuatu yang sangat penting agar fisik kita tetap bugar, kuat dan sehat terlebih lagi disaat pandemi seperti sekarang ini.

Al qur’an sudah menjelaskan hubungan antara gangguan fikiran dengan gangguan fisik sebagimana tercantum pada surat yusuf, dimana disana dikisahkan rasa sayang Nabi Ya’kub kepada anaknya Yusuf yang sangat, yang melebihi putra-putra yang lain karena keshalihan dalam diri Yusuf dan juga sudah tampak cikal bakal jadi nabi yang menjadi penerus perjuangan Nabi Ya’kub. Dalam perjalanan kisahnya,  Yusuf kecil sampai dewasa telah mendapat ujian dan cobaan yang begitu berat, dari sikap deskriminatif 11 kakaknya kepadanya baik secara verbal maupun non verbal dan dalam puncaknya mereka merencanakan pembunuhan kepada Yusuf, akan tetapi atas pertolongan Allah salah satu diantara kakaknya mengusulkan agar tidak membunuh Yusuf tapi  dibuang ke sumur dan itu yang akhirnya mereka lakukan kepada Yusuf.

Mereka bersekongkol berbohong kepada Nabi Ya’kub untuk mengatakan bahwa yusuf meninggal karena dimakan binatang buas dengan membawa bukti baju yusuf yang sudah dilumuri dengan darah. Saat itulah kesedihan nabi Ya’kub mulai tinggi dengan waktu yang lama, dengan kesedihan itulah akhirnya mengakibatkan kondisi fisik Nabi Ya’kub melemah bahkan sampai pada kebutaan pada kedua matanya “Tallahi taftauu tadzkuruu yuusufa hatta takuuna haradhan” “Demi Allah engkau tidak henti-hentinya mengingat Yusuf sampai engkau mengidap penyakit berat” (QS. Yusuf 85).

DR. dr. Fidiansjah, Sp.KJ, MPH, psikiater sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza di Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa “Hubungan antara fisik dengan emosional erat sekali. Individu yang tak bisa mengekspresikan emosinya mengalihkan ke kondisi fisik”. Kondisi depresi, kegelisahan, dan ragam penyakit psikologis lainnya berhubungan dengan saraf tertentu. Mekanisme ini yang sering diabaikan para psikolog : bahwa otak terhubung dengan saraf ke bagian tubuh lainnya– di mana ekspresi yang ingin dimunculkan gagal terwujud.

Saat pandemi virus covid-19 yang tak kunjung usai ini banyak anjuran-anjuran (protokol kesehatan) dari pemerintah agar kita terhindar dari wabah ini, diantaranya hal-hal yang berkaitan dengan fisik seperti selalu cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, hindari keramaian, ciptakan ruangan dengan ventilasi yang baik dll. Ada protokol kesehatan yang tidak kalah pentingnya dengan itu semua yang berkaitan dengan mental adalah agar kondisi jiwa selalu bahagia, karena dengan kondisi yang bahagia akan menambah imunitas tubuh yang bisa menghancurkan dan melawan berbagai virus termasuk virus covid-19 ini. Dan yang paling penting diantara yang telah disebutkan diatas adalah percaya kekuatan doa. Karena doa adalah senjata orang yang beriman, sebesar apapun ancaman yang akan menimpa manusia tidak akan terjadi tanpa izin dan kuasa Allah Swt.


Penulis : Ust. Fajar Sidig, S.Pd.

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239