Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Semua Atas Kehendak-Nya

Semua Atas Kehendak-Nya

oleh M. Alfian N Azmi, S.T.,S.Ud.

Manusia hanya berencana, akan tetapi hanya Allah yang akan menentukan.  Sering kita mendengar kata, “tugas manusia hanya berusaha dan berdo’a”, namun hasilnya hanya Allah yang akan menetukan, sehebat apapun manusia berusaha dan sesering apapun manusia berdo’a. Namun jika Allah belum mengijabah, belum menentukan atau belum mengabulkan, maka hasil tersebut juga tidak akan didapat. Allah maha tau segala hal yang tebaik untuk hamba-Nya.

 “Dan barangsiapa berusaha, maka sesungguhnya usahanya itu untuk dirinya sendiri.” (Al-Ankabut 6)

Setiap manusia pada umunya  pasti menginginkan bisa hidup tenang, bahagia, berkecukupan serta tidak ada konflik batin, seperti kecemasan, kekhawatiran dan takut dalam hidupnya. Itu semua adalah hal yang sangat manusiawai dan diinginkan oleh semua orang, tapi sayangnya, bagi beberapa orang, hal tersebut merupakan sesuatu yang  kadang sulit untuk dicapai dan bahkan paling sulit untuk diraih. 

Kebanyakan dari kita, seringkali mencemaskan segala sesuatu yang terkait dengan rezeki dan keinginan-keinginan duniawi kita yang belum tercapai. Tidak ada yang salah dengan sesorang yang mempunyai mempunyai keinginan, karena itu seharusnya hal tersebut dapat membuat kita termotivasi untuk senantiasa berdo’a dan berusaha untuk mendapatkannya. Tetapi yang sering membawa kita pada kekecewaan adalah, disaat usaha kita tidak membuahkan hasil atau gagal. Ini salah satu yang menjadi penyebab konflik batin yang menyebabkan ketidakbahagiaan, dan yang menjadi obyek ketidak puasan kita dengan usaha dan do’a kita.

 “Dan orang-orang yang berusaha untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan Tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.” (Al-Ankabut 69)

Kita harus menyadari bahwa hidup kita kadang berada di atas dan kadang berada di bawah. Layaknya roda yang berputar. Dalam hidup ini, kadang kita bisa meraih apa yang kita inginkan, mencapai apa yang kita do’akan dan usahakan.  Kadang mengalami keberhasilam dan kadang juga mengalami kegagalan. Tidak ada seorang pun manusia yang tahu apa yang akan terjadi pada dirinya esok hari, satu jam kemudian atau semenit kemudian. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha dan berdoa disertai dengan tawakal kepada Allah SWT. Dalam berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan, sebaiknya kita berusaha dan ikhtiar sebaik mungkin, dan semaksimal mungkin, namun tetap menyerahkan segala hasil dari usaha yang kita lakukan kepada Allah SWT, dan hanya mengharap ridho Allah. Karena Allah SWT lah yang berhak menentukan, Allah SWT  Maha Kuasa atas segala sesuatu dan Allah SWT Maha tahu apa yang paling baik dan paling cocok untuk kita.

 “Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai Balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (As-Sajdah 17)

Dia-lah ALLAH SWT yang berhak menentukan segalanya, karena setiap kejadian, apakah itu kejadian baik atau buruk yang menimpa segenap insan di bumi ini, merupakan bagian dari skenario Allah SWT, bagian dari apa yang sudah digarskan Allah dan semuanya sudah tertuang dalam Lauhil Mahfuzh. Begitu juga disaat Allah memberikan manfaat (kebaikan) atau suatu kesulitan (musibah) pada seseorang, tentunya hal ini juga pasti mengandung hikmah didalamnya.

Manusia memang boleh berharap dan berencana tentang apa saja yang diinginkan, apa saja yang diharapkan, akan tetapi Allah satu-satunya yang berhak menentukan hasil akhirnya. Ini berlaku bagi siapapun seorang hamba. Oleh karena itu, apapun yang kita usahakan dan harapkan, tetap harus ada ruang, waktu dan tempat yang kita sediakan untuk Allah. Sebuah waktu, ruang tekhusus, yang merupakan waktu kita untuk berdo’a dan berusaha, dengan berkeyakinan penuh bahwa usaha yang kita lakukan atas kehendak Allah SWT, yang benar-benar berada di luar kuasa dan jangkauan kita. Yang mana dalam ruang keyakinan ini, kita hanya bisa menyikapinya dengan cara berdo’a, berharap dan bertawakal kepada-Nya.

Wallahualam bissawab

 

 

 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239