Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

KESEHATAN JIWA DI SAAT PANDEMI

Hubungan antara sehat mental (fikiran)  dan sehat fisik sangat erat, dalam ilmu kedokteran ada  istilah psikosomatik,  sebuah cabang medis interdisipliner yang mengeksplorasi tentang hubungan sosial, psikologis, dan faktor kebiasaann fisik serta kualitas hidup antara manusia dan hewan  yang mana sebelumnya disebut dengan  Consulation Liaison Psychiatry, suatu cabang ilmu psikiatri yang bekerja sama dengan sejawat spesialisasi lain untuk merawat pasien medis yang mengalami gangguan kesehatan jiwa (wikipedia),

Selengkapnya: KESEHATAN JIWA DI SAAT PANDEMI

Insecure Tanda Kurang Bersyukur

Banyak orang berpikir bahwa rezeki datang dikarenakan usaha keras mereka sendiri. Padahal sejatinya yang memberikan semua rezeki adalah Allah Ta’ala. Rezeki bukan hanya soal harta. Banyak hal yang dapat dikatakan sebagai rezeki. Mendapat nilai terbaik, mendapat pekerjaan yang nyaman, nikmat belajar, nikmat ibadah, nikmat untuk bernapas, memiliki badan ideal dan wajah yang rupawan punbisa dikatakan sebagai rezeki. Rezeki adalah bentuk kenikmatan, dan tentu semuanya tidak lepas dari maha baik Allah Azza Wa Jalla.

Selengkapnya: Insecure Tanda Kurang Bersyukur

LARI DARI KEMATIAN

Dunia  mempunyai sifat fana yang artinya kehancuran, hal ini tidak bisa diubah dan merupakan sunnatullah. Fana bagi manusia adalah senantiasa berubah dari waktu kewaktu , seorang manusia tidak mungkin akan menjadi bayi terus menerus, juga tidak akan menjadi remaja/muda terus menerus, akan tetapi dia selalu berkembang,  baik jasmani maupun  rohaninya yang  akhirnya akan mengalami kelemahan dan kematian. Mayoritas manusia mereka tidak suka dengan kematian, bahkan mereka akan mengerahkan segala upaya agar terhindar dari kematian. Islam telah memberikan solusi cara pandang kehidupan dan kematian.  Seorang muslim tidak boleh takut dengan kematian dan juga tidak boleh mencari kematian, karena status hidup bagi seorang muslim adalah “Ziyadatan fil khair” (menambah kebaikan) dan mati adalah “Raahatan fii kulli syarri” (Istirahat dari segala kemaksiatan).

Selengkapnya: LARI DARI KEMATIAN

Kekuatan Doa


Allah Swt. berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al Mumin [40] : 60)

Ada kekuatan yang luar biasa yang membuat air laut bisa terbelah. Ada kekuatan yang sungguh luar biasa yang membuat kobaran api menjadi dingin. Ada kekuatan yang sangat dahsyat yang membuat bulan terbelah dua. Ada kekuatan luar biasa yang menyebabkan terjadinya berbagai peristiwa yang tak terjangkau oleh akal pikiran manusia. Kekuatan apakah itu? Itulah kekuatan doa.

Selengkapnya: Kekuatan Doa

Memaknai Hari Kemerdekaan

Bulan ini bangsa Indonesia kembali memperingati hari kemerdekaannya. Semarak menyambutnya telah nampak sejak jauh hari. Spanduk, bendera, umbul-umbul, dan baliho-baliho bertuliskan Dirgahayu Kemerdekaan menghiasi jalan-jalan raya. Semuanya menjadi semarak menyambut hari bersejarah itu.

Namun di balik kesemarakannya, masih terselip berbagai pertanyaan di benak kita; benarkah kita sudah merdeka secara hakiki? apa makna kemerdekaan bagi kita? bagaimana kita mengisi kemerdekaan yang kita rasakan saat ini?

Selengkapnya: Memaknai Hari Kemerdekaan

IMAN SEMANIS COKLAT


    Keimanan adalah hal yang bersifat immateri, namun keimanan sendiri dapat dirasakan keberadaannya bahkan manisnya keimanan dapat dirasakan oleh semua orang yang mau untuk merasakannya. Dikatakan orang yang mau, karena ada segolongan orang yang tidak menginginkan untuk merasakan manisnya iman tersebut yang ditandai dengan pembangkangan mereka terhadap apa-apa yang telah digariskan oleh Allah, beriman secara parsial, banyak melakukan maksiat, dan penolakan secara eksplisit terhadap keimanan tersebut seperti apa yang dilakukan oleh orang-orang munafiq. Sehingga merasakan manisnya iman itu sendiri merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap muslim manapun.

Selengkapnya: IMAN SEMANIS COKLAT

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239