Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Silahkan pilih jenis kategori

Bisnis Youtube Adsense

 

Pertanyaan :
Bagaimanakah hukumnya berbisinis dengan memanfaatkan gambar dan musik ? saya mempunyai bisnis youtube adsense. saya membuat video di youtube lalu ketika video itu diputar ada iklan yang muncul. dari situlah saya memperoleh pendapatan. video yang saya buat adalah membahas tentang anime. Bagaimanakah status bisnis saya pak, dikarenakan uangnya sudah saya pakai buat beli laptop dan hape dan sekarang juga masih tersisa tapi saya takut memakainya. terimakasih

JLIB_HTML_CLOAKING

Alamat
Purwanegara, Purwokerto Utara, Purwokerto
Usia (19 Tahun)

 

Jawaban:

Hukum Berbisnis Dengan Memanfaatkan Gambar dan Musik

Hukumnya tergantung kepada gambarnya. Jika itu berupa gambar benda mati, maka hukumnya diperbolehkan karena tidak bernyawa. Jika berupa gambar makhluk hidup, maka ada beberapa kemungkinan :

Jika berupa potongan dari makhluk hidup yang tidak memungkinkannya untuk hidup, misal gambar tangan, kaki, mata, dan lain-lain, maka hukumnya tidak haram.

Jika gambar sebagian atau utuh dari makhluk hidup yang memungkinkannya untuk hidup, maka gambar seperti ini diharamkan. Apalagi gambar yang mengandung unsur pornografi, tentu lebih diharamkan lagi. Keharamannya ditegaskan oleh sejumlah dalil. Di antaranya adalah sabda Nabi berikut ini:

كُلّ مُصَوّرٍ فِي النّارِ. يَجْعَلُ لَهُ، بِكُلّ صُورَةٍ صَوّرَهَا، نَفْساً فَتُعَذّبُهُ فِي جَهَنّمَ”.
وَقَالَ ابن عباس: إنْ كُنْتَ لاَ بُدّ فَاعِلاً، فَاصْنَعِ الشّجَرَ وَمَا لاَ نَفْسَ لَه

“Setiap pelukis (tukang menggambar) tempatnya adalah neraka. Akan dijadikan pada setiap gambar yang dilukisnya memiliki nyawa dan mengadzabnya di dalam neraka Jahannam”.

Ibnu Abbas berkata,”Apabila Anda harus menggambar, maka gambarlah pepohonan dan yang tidak memiliki nyawa.” [HR Bukhari, no. 2225.]

Sedangkan “gambar bergerak” (video), apabila hanya berupa gambar benda-benda tak bernyawa, hukumnya boleh.

Adapun jika video itu berupa gambar-gambar makhluk bernyawa, maka dibolehkan jika itu tidak melanggar batasan-batasan yang ada dalam syariat Islam.

Demikian halnya dengan musik. Maka hukumnya berkisar kepada illatnya (sebabnya). Dan ia ada 3 macam :

a. Menarik kepada keutamaan seperti menarik kepada keberanian di medan peperangan, hukumnya sunat

b. Untuk main-main belaka (tak mendatangkan apa-apa) hukumnya makruh, menilik hadits :”Termasuk kesempurnaan seseorang ialah meninggalkan barang yang tak berarti”. (hadits ini di riwayatkan oleh Tirmidzi dari Abu Hurairah).

c. Menarik kepada maksiyat hukumnya haram.

 

Pada asalnya, tidak boleh bergabung dalam Youtube Adsense kecuali setelah memastikan bersihnya berbagai situs yang diiklankan dari hal-hal yang haram, karena tidaklah diperbolehkan mengumumkan, mengiklankan, dan membantu untuk menyebarkan kemungkaran.

Allah SWT. berfirman :

( وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ ) المائدة/2 ،

... “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Maidah : 2)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

( مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلالَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنْ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا ) أخرجه مسلم في صحيحه (4831).

“Siapa saja yang mengajak kepada hidayah maka dia akan mendapatkan pahala semisal pahala yang didapatkan oleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Sebaliknya, siapa saja yang mengajak kepada kesesatan maka dia akan menanggung dosa semisal dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.’ (HR. Muslim, no. 4831)

Jika memang video yang ditampilkan itu hanya sebuah animasi, seperti yang Anda katakan dan tidak berisi hal-hal yang diharamkan dalam Islam, maka tidaklah mengapa jika Anda tergabung dalam Youtube Adsense. Terlebih lagi, jika memang Anda sangat membutuhkan penghasilan.

Tetapi Anda berkewajiban untuk tidak mengiklankan situs-situs yang bertentangan dengan syariat Islam. Jika Anda tidak mampu melakukan hal ini–dengan kata lain, iklan-iklan terlarang tersebut tetap muncul –maka Anda berkewajiban untuk meninggalkan bisnis jual jasa ini karena jika Anda tidak mundur dari bisnis ini, Anda akan menjadi orang yang berperan serta menyebarluaskan dan mengiklankan hal yang hukumnya haram.

Wallaahu a’lamu bisshowaab..

 

(mm)

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239