Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Silahkan pilih jenis kategori

Takdir orang jahat apakah sudah ditetapkan, dapatkan diubah?

 

 

Assalamu'alaikum.. ustadz, banyak banget yang telah membahas dan mengupas tentang takdir. baik dalam ceramah keagamaan, tabloid ataupun artikel-artikel yang tersebar bebas di internet. dan terkadang ketika saya mencoba menelaah sendiri seperti pemahaman Jabariyah ataupun Qadariyah. pertanyaan saya :

 


1. tolong dong jelaskan segala sesuatu tentang takdir. pemahaman takdir yang benar itu seperti apa?

 

2. apakah benar takdir setiap orang sudah ditetapkan Allah SWT? termasuk takdir orang jahat apakah sudah ditetapkan oleh Allah SWT ?

 

3.  dalam QS. Ar Ra'd ayat 11 dijelaskan bahwa keadaan (takdir) dapat diubah, tolong jelaskan tanda-tanda bahwa takdir telah berubah (dari yang buruk jadi baik ataupun yang baik jadi buruk).

 


terimakasih

 

 

 

JAWABAN :

 

Wassalamu'alaikum wr. wb.

 


-
Dalam pembahasan takdir, kita sering mendengar istilah qodho’ dan qodar. Dua istilah yang serupa tapi tak sama. Mempunyai makna yang sama jika disebut salah satunya, namun memiliki makna yang berbeda tatkala disebutkan bersamaan.Jika disebutkan qodho’ saja maka mencakup makna qodar, demikian pula sebaliknya. Namun jika disebutkan bersamaan, maka qodho’ maknanya adalah sesuatu yang telah ditetapkan Allah pada makhluk-Nya, baik berupa penciptaan, peniadaan, maupun perubahan terhadap sesuatu. Sedangkan qodar maknanya adalah sesuatu yang telah ditentukan Allah sejak zaman azali. Dengan demikian qodar ada lebih dulu kemudian disusul dengan qodho’.

 

Menurut pemahaman Qodariyah tentang takdir, segala sesuatu terjadi itu dengan sendirinya, tidak ada campur tangan Allah SWT.

 

Sebaliknya, menurut pemahaman Jabariyah, segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah SWT, tidak ada campur tangan makhluk.

 

Sedangkan menurut Ahlussunnah wal jama'ah, segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah SWT, akan tetapi manusia dapat berperan di dalamnya, seperti QS. Ar-Ruum ayat 41,

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

 

 

 

- apakah benar takdir setiap orang sudah ditetapkan Allah SWT?  termasuk takdir orang jahat apakah sudah ditetapkan oleh Allah SWT ?

 

Segala sesuatu sudah ada ketetapannya di sisi Allah SWT, tercatat di dalam Lauhul Mahfudz. Dalam Al-Qur’an surat Al-Hadid ayat 22 :

  

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

 


- Dalam QS. Ar Ra'd ayat 11 dijelaskan bahwa keadaan (takdir) dapat diubah,

 

 

“... Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. ..”

 

akan tetapi manusia tidak pernah tahu tentang takdirnya, jadi dia juga tidak tahu apakah takdirnya telah berubah atau tidak, hanya Allah yang tahu perkara ghaib.

 

Wallaahu a'lamu bish-showaab.

 

(mm)

 

 

 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239