Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

UMP Mengadakan Kegiatan Ramadan di Rumah Saja Berbasis Daring

Purwokwerto 18 Mei 2020, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto hari ini mengadakan penutupan agenda RADIUS (Ramadan di Rumah Saja). RADIUS ini merupakan kegiatan alternative sebagai pengganti kegiatan iktikaf pegawai Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang telah biasa dilaksanakan setiap bulan ramadan.

Wabah pandemic Covid-19 yang sedang melanda dunia tidak melunturkan semangat para pegawai Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam menjalankan kegiatan ramadan pegawai Universitas Muhammadiyah Purwokwerto. Melalui Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, kegiatan yang semula berbentuk iktikaf dengan diisi pengajian dan diskusi ilmu agama untuk meningkatkan keilmuan agama para pegawai, tahun ini harus dikemas berbeda dengan berbasis daring.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan di rumah saja dengan berbasis daring, namun nyatanya semangat fastabiqul khairat pegawai UMP tidak luntur begitu saja. Para pegawai tetap semangat mengakses platform yang disediakan oleh panitia pelaksana untuk mengikuti kajian-kajian dan pendampingan pelaksanaan ibadah selama masa pandemic.

Dikutip dari wawasan.co Dr Asep Khosasih sebagai Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjelaskan tujuan kegiatannya untuk memberikan kesadaranuntuk bisa menghidupi dan mengamalkan sunah-sunnah Nabi SAW terutama amal-amal sunnah di bulan Ramadhan dan memberikan pemahaman nilai-nilai dasar ajaran Islam dan ke-Muhammadiyahan kepada para pegawai UMP.“Berkaitan dengan program Ramadan 1441 H di tengah pandemi Covid-19 UMP melaksanakan kegiatan Daring Ramadhan. Kegiatan ini  merupakan program bagi Peawai UMP dalam rangka pendalam materi,” katanya. (18/05)

Pada penutupan RADIUS kali ini, Ketua panitia RADIUS Ahmad Husein menyampaikan juga nama-nama peserta tergiat yang nantinya akan diberi reward agar menjadi penyemangat bagi yang bersangkutan dan tauladan yang baik bagi peserta yang lain. Selain pengumuman peserta terbaik, pada kesempatan penutupan ini diisi juga dengan tausiah oleh Ust. Drs. H. Achmad Kifni mewakili Badan Pembina Harian kepada peserta.

Dalam tausiahnya, Ust. Drs. Achmad Kifni menjelaskan bahwa Muhammadiyah juga merupakan gerakan dakwah yang bercirikan  antara lain, dakwah yang bertajdid, dakwah yang mencerdaskan dan mencerahkan, akwah yang mencari solusi. Kegiatan RADIUS ini menjadi salah satu contoh ciri khas dakwah Muhammadiyah sebagai solusi untuk tetap melakukan kegiatan keagamaan selama bulan ramadan meskipun harus di rumah saja.

 

 

Reporter : Ubay DC

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239