Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Workshop Penyusunan RPS Islam dan Ilmu Pengetahuan Tahun Akademik 2018-2019

Sabtu, 23 Rabi’ul Awwal 1440 H/01 Desember 2018 M, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Islam dan Ilmu Pengetahuan yang dihadiri para dosen pengampu mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan dari tiap prodi, dan juga instruktur LPPI.

Bertempat di Ruang Sidang Kantor Pusat UMP, workshop ini diadakan sebagai bentuk usaha demi terwujudnya kampus UMP yang islami. Yaitu dengan merancang kurikulum pembelajaran yang mengintegrasi ilmu pengetahuan dan Islam, dengan dua pembicara, yaitu H. Mintaraga Eman Surya, Lc., MA. dan Teguh Yulianto, MMMMMMM?

Workshop ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang membahas tentang keajaiban penciptaan makhluk Allah, serta anjuran agar manusia senantiasa mentafakkuri dan mentadabburi ayat-ayat Al Quran. Karena di dalam Al Quran sendiri terdapat banyak ayat yang membahas keragaman ilmu pengetahuan, yang sepatutnya dijadikan dasar berilmu oleh umat islam.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Kemudian sambutan yang disampaikan oleh Dr. Darojat selaku ketua LPPI sekaligus membuka kegiatan Workshop Penyusunan RPS Islam dan Ilmu Pengetahuan. Dalam sambutannya beliau mengharapkan kegiatan yang merupakan amanat Rapat Kerja (Raker) UMP ini dapat merealisasikan terwujudnya program UMP yang memiliki keunggulan dalam kurikulum berbasis epistemologi islam dalam membangun ilmu pengetahuan di masing-masing prodi.

Dr. Darojat menambahkan, “dalam rangka mensukseskan satu tahapan UMP memiliki keunggulan komparatif dan berbasis epistemologi islam, saya kira pelaksanaan workshop penyusunan RPS Islam dan Ilmu Pengetahuan ini sangat penting untuk menyiapkan generasi yang unggul dan islami”.

UMP sebagai institusi pendidikan beserta tenaga pendidiknya secara individu memiliki posisi yang strategis dalam amal jariyah, --seperti yang di sampaikan oleh Dr. Darojat dalam sambutannya--  karena bertugas mentransfer ilmu, mendidik, dan memberikan penguatan aqidah, akhlak, wawasan keilmuan, serta mengantarkan mahasiswa menjadi generasi yang unggul sekaligus memiliki rasa khosyyah kepada Allah.

Sebagai tindak lanjut dari diadakannya workshop ini, diharapkan juga adanya indikator keunggulan keislaman di UMP yang bisa diukur saat ada visitasi akreditasi. Yaitu dengan munculnya RPS serta pembelajaran islam dan ilmu pengetahuan dengan integrasi dan interkoneksi.

Dan yang tak kalah penting adalah adanya aktualisasi dan implementasi dari RPS itu sendiri, yang nantinya dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual keislaman dan akhlak yang baik yang terlihat khususnya di lingkungan kampus UMP. Selain RPS, para dosen juga diminta kesiapannya membantu program LPPI dalam menyusun buku ajar Islam dan Ilmu Pengetahuan di masing-masing prodi.

Workshop kemudian dilanjutkan ke acara inti, yaitu pemaparan materi oleh kedua pembicara yang dimoderatori oleh Istianah, Lc., M.Hum. Untuk materi pertama, pengantar dalam konsep islamisasi ilmu pengetahuan, yang disampaikan oleh H. Mintaraga Eman Surya, Lc., MA.

Dalam paparannya, dijelaskan bahwa UMP sebagai universitas islam seharusnya bisa membangun paradigma ilmu pengetahuan sendiri berasaskan keislaman, dengan kekhususan yang dibangun yaitu Catur Dharma.

Kemudian sesi kedua oleh Teguh Julianto, S.Pd., M.Si. Materi yang disampaikan lebih fokus kepada teknis pembuatan RPS yang terintegrasi dengan menyamakan formatnya untuk seluruh prodi beserta penjelasan poin per poinnya.

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239