Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Keren, Pegawai UMP Pasti Bisa Khutbah!

 


Purwokerto, Sabtu, 2 Rabi'ul Awwal 1440 H/10 November 2018 M. Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan “Pelatihan Khatib Jum’at bagi Pegawai (Karyawan & Dosen) UMP”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung A Kantor Pusat Rektorat Lantai dua yang diikuti oleh segenap pegawai dan dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Hadir dalam acara ini Ust. Arief Fauzi, S.Pd.I., Lc. Direktur Pondok Pesantren Muhammadiyah Zamzam Cilongok sebagai pengisi materi pada pelatihan khatib kali ini. Pelatihan ini diikuti  sekitar 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan UMP, acara tersebut langsung dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H.

Acara “Pelatihan Khatib Jum’at bagi Pegawai (Karyawan & Dosen) UMP” ini diawali sambutan dari Ketua LPPI beliau Ust. Dr. Darodjat, M.Ag, dengan mengutip hadits nabi Muhammad SAW “Barang siapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya”.  Beliau menyampaikan betapa mulianya seorang pendai dalam hal ini menjadi khatib, karena menunjukan kepada kebaikan bagi jamaah yang mendengarkan.

Dalam sambutannya beliau Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H. menyampaikan harapannya agar UMP melalui pelatihan khatib jum’at ini dapat memenuhi kebutuhan khatib dan imam bagi masjid-masjid sekitar UMP khususnya dan lingkungan masjid daerah Banyumas umumnya.  Warga UMP diharapkan mampu memenuhi kebutuhan da’I, imam dan khatib di lingkungan tempat tinggalnya sehingga hal ini diharapkan mampu menguatkan syi’ar UMP dan Muhammadiyah di masyarakat.

Selain itu di sela-sela sambutannya, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H. juga menghimbau kepada peserta pelatihan agar senantiasa menjaga kerukunan umat dengan tidak menimbulkan pertentangan meski memiliki perbedaan pendapat terutama saat ini mendekati musim pergantian pemimpin. Hendaknya khatib memilih ayat dan materi yang betul-betul dikuasai sehingga tidak memberikan ceramah yang salah dan menyesatkan bagi umat. Polemik seperti ini banyak ditemui di masyarakat karena khatib kurang menguasai dan bahkan kurang faham terhadap materi yang disampaikan sehingga menimbulkan pertentangan dari perbedaan pendapat dan bahkan ditinggalkan oleh jamaahnya karena kurang menarik dalam menyampaikan materinya.

Menurut Ust. Muammar sebagai staf bidang pelayanan masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengamalan Islam (LPPI) pelaksanaan pelatihan khatib pegawai UMP ini dilatar belakangi oleh banyaknya dosen dan karyawan UMP yang berkopenten dalam berbagai bidang disiplin ilmu namun kurangnya menguasai tatacara dan aturan dalam berkhutbah dengan baik dan benar. Maka berawal dari masalah yang ada tersebut “Pelatihan Khatib Jum’at Pegawai UMP” ini diharapkan dapat semakin menambah wawasan para pegawai dan dosen tentang hal ihwal tatacara khatib jumat sesuai dengan tuntunan syariat agama. “Apabila para dosen dan pegawai UMP yang menguasai berbagai disiplin ilmu ini mengerti tatacara dan aturan dalam berkhutbah akan sangat baik untuk menambah hasanah warna keilmuan yang diusung dalam materi khutbahnya, materinya berbobot dengan cara dan aturan yang benar sesuai tuntunan agama.” Tutur Ust. Muammar. (by)

 

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239