Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Silaturrahim dan Pengajian Bulanan Dosen dan Karyawan UMP Edisi Dzulqa'dah 1439 H

 

   Purwokerto, 29 Dzulqa’dah 1439 H/ 11 Agustus 2018 M. Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto kembali mengadakan “Silaturrahim dan Pengajian Bulanan Dosen dan Karyawan”. Kajian rutin bulanan kali ini mengusung tema “Fiqh Idul Adha” yang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan  Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah beliau Dr. Hamim Ilyas., M.Ag.  

      Tema “Fiqh Idul Adha” dipilih karena mengingat sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Dzul Hijjah, yang mana di bulan Dzul hijjah ini umat Islam akan melaksanakan hari raya Idul Adha yang insya Allah pada tahun ini akan jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2019. Tema ini diangkat dalam kajian bulanan dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dengan harapan agar seluruh dosen dan karyawan dapat mendalami lebih lanjut terkait fiqh Idul Adha sesuai dengan tuntunan dan fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. 

     Pada kajian bulanan dosen dan karyawan kali ini, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengambil kesempatan untuk mengadakan penggalangan dana bantuan sosial bagi saudara-saudara di Lombok. Sebagaimana kita ketahui bersama beberapa hari lalu tepatnya Minggu malam 5 Agustus 2018 telah terjadi musibah besar gempa bumi berkekuatan 7,0 SR yang memakan korban cukup banyak saudara-saudara kita khususnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). “Ngaji sekaligus bersodaqoh” inilah slogan yang diusung pada pengajian dosen dan karyawan UMP bulan Agustus ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Ust. Azmi selaku Staf LPPI sebagai pelaksana kajian.  

   Dr. Hamim Ilyas., M.Ag. memaparkan pada kajian kali ini dengan detail fiqh qurban. Salah satunya memberikan penjelasan tentang pendapat lain dari larangan pemotongan kuku dan rambut/bulu hewan yang akan dijadikan qurban hingga disembelih. Hal ini menambah wawasan baru bagi dosen dan karyawan karena selama ini masyarakat umum memahami bahwa yang dilarang untuk dipotong adalah kuku dan rambut/bulu shohibul qurban. Dengan demikian dosen dan karyawan diharapkan dapat terbiasa dengan perbedaan pendapat terhadap  pemahaman yang ada. (ubay)

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239