Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

Kajian Islam Tematik “Peran Kaum Muda untuk Gerakan Kemanusiaan“

Telah dilaksanakan kegiatan Kajian Islam Tematik dengan Tema “Peran Kaum Muda untuk Gerakan Kemanusiaan” dengan pembicara pembicara M. Abdoel Malik R (Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah, Sekretaris KOKAM & SAR serta TIM Muhammadiyah Aid ) yang bertempat di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada Jumat (3/11/2017). Turut hadir Dr. Darojat, M.Ag. selaku ketua LPPI dan Ns. Jebul Suroso S.Kp., M. Kep. selaku Wakil Rektor 4 UMP.

 

Kajian ini diawali sambutan oleh ketua LPPI UMP, dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa di dalam Al-Quran banyak sekali disebutkan bahwa orang yang paling berbahagia adalah orang yang banyak memberi manfaat utk org lain. Surat Al-Mu’minun ayat 1-11, surat Al-Ma’un, dan lain-lain. Orang muslim adalah yang bisa memberikan kontribusi untuk orang lain. Beliau menyampaikan sabda Rasullulah “khairunnâs anfa’uhum linnâs“ yang artinya sebaik-baik manusia di antaramu adalah yg paling banyak memberikan manfaat bagi orang lain. Tetapi yang terjadi sekarang ini adalah kontribusi muslim bagi kemanusian di dunia masih belum maksimal. Maka hendaklah para generasi muda lebih meningkatkan semangat berkontribusi untuk lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor 4 UMP menuturkan bahwa kita di UMP mempunyai tagline: start here go anywhere, yang berarti bahwa dari sini kita memulai dan beranjak ke mana saja ke seluruh penjuru dunia mengamalkan ilmu kita dan memberikan kontribusi dan manfaat untuk siapa saja di mana saja dan kapan saja. Beliau menyampaikan bahwasannya pemudalah yang menjadi ujung tombak perjuangan umat. Indonesia penuh dengan pemuda, dan ini adalah sumber daya yang luar biasa dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Jepang dan negara-negara di Barat yang generasi pemudanya lebih sedikit dari generasi tuanya karena masyarakatnya yang liberal dan tidak melahirkan dan menumbuhkan anak-anak generasi muda. Pemuda Indonesia merupakan ujung tombak, kemanfaatan pemuda dan kontribusinya hari ini dan yang akan datang sangat menentukan jalannya peradaban.

Selain itu Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menjadi pionir kepedulian kemanusiaan dan UMP sangat berpotensi dalam hal tersebut. Oleh karena itu semua fakultas yang ada di UMP sangat bisa berperan, baik dari fakultas kesehatan, ekonomi, psikologi, teknik, pendidikan, politik, agama, dan lain-lain. Gerakan peduli kemanusiaan dari berbagai bangsa, instansi dan organisasi di dunia banyak yang mempunyai tujuan dan visi misi tertentu, maka dari itu kita perlu untuk bisa mengejawantahkan ilmu kita dalam perilaku kepedulian kemanusiaan, demi membentengi dan menguatkan umat, tutur Wakil Rektor 4 UMP.

Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239