Pendaftaran Test Baca Al Qur'an

INGIN KONSULTASI / BIMBINGAN ?

Connect with us ...

JLIB_HTML_CLOAKING    

LPPI UMP Hadirkan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah

Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan pengajian bagi dosen dan karyawan di Masjid Ahmad Dahlan UMP. Sabtu (12/08/2017). Pengajian tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap bulan dalam rangka silaturahmi dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Bertema “Toleransi dan Kemerdekaan sebagai Dasar Pembangunan Bangsa yang Berkemajuan”, menghadirkan pembicara ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak. LPPI melalui Isti’anah, Lc., M.Hum mengatakan pengajian tersebut sebagai momen refleksi kemerdekaan Republik Indonesia dan juga menyolidkan gerakan Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Dalam ceramahnya, Dahnil yang juga ketua KokamPusat tersebut menjelaskan bahwa dialog adalah hal penting dalam merawat toleransi.

 

“Merawat toleransi diperlukan dialog. Karena instrume utama toleransi itu adalah dialog,” tandasnya.

Pancasila, lanjutnya merupakan produk dialog dari keberagaman. Hal itu dapat dilihat dari sejarah proses perumusan sampai ditetapkannya pada tanggal 18 Agustus 2017. Momen tersebut menjadi bukti para tokoh bangsa mampu melakukan diaolog untuk menghasilkan rumusan tentang landasan dan falsafah negara, seperti tertuang dalam pembukaan UUD 1945, dan yang paling penting adalah kelapangan dada tokoh-tokoh Islam dalam perumusan Pancasila.

Menurut Dahnil, perilaku politik sekarang cenderung destruktif dan memecah belah komponen bangsa. Sehingga toleransi yang dikemukakan hanyalah toleransi penuh kepura-puraan, bukan berangkat dari ketulusan hati. Bagi Dahnil, ketika toleransi dijadikan alat politik dan orang yang berbeda pandangan dicap sebagai intoleran, maka pada saat itulah toleransi telah kehilangan makna. Begitupun dengan Pancasila.

 

Oleh karena itu, ketua PP Pemuda Muhammadiyah itu berpesan untuk kembali menghadirkan toleransi otentik. Toleransi yang menghadirkan ruang dialog, saling hormat menghormati antar komponen bangsa.


Hubungi Kami

LEMBAGA PENGKAJIAN DAN PENGAMALAN ISLAM
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 ext. 232
Fax  : (0281) 637239